Cara Membersihkan Noda dan Debu pada Cermin Antik

cermin antik
Cermin Antik | foto:freeimages.com

Mungkin sekarang tidak banyak yang memiliki cermin antik di rumahnya. Namun bagi yang memilikinya maka pasti mengetahui bahwa keantikan sebuah cermin terlihat dari goresan halus dan bercak-bercak noda yang muncul seiring dengan berjalannya waktu.

Goresan dan noda pada cermin antik ini memiliki daya tariknya sendiri sehingga cermin antik ini tidak lagi hanya berfungsi sebagai cermin tapi lebih kepada pemanis ruangan. Goresan dan noda ini muncul saat lapisan perak di bagian belakang cermin mengalami proses oksidasi. Lapisan penutup pada cermin antik umumnya tidak terlalu kuat, sehingga cat pelapis bagian belakang cermin menjadi retak dan oksigen bisa masuk ke lapisan perak ini. Hal ini menimbulkan bercak, garis kehitaman dan kesan buram pada cermin.

Bila Anda merasa terganggu dengan tampilan cermin antik yang bernoda ini, maka Anda dapat membawa cermin antik ke toko untuk mengganti lapisan perak pada cermin. Namun bila yang rusak adalah kaca cermin dan bukan hanya elapisnya, Anda harus mengganti keseluruhan cermin dan harganya akan lebih mahal.

Proses mengganti lapisan perak pada cermin umumnya tidak mengurangi keantikan sebuah cermin. Namun biasanya sebuah benda antik akan lebih dihargai keantikannya bila dibiarkan apa adanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *