Bawang Goreng Renyah

Ilustrasi Bawang Merah | Img:freeimages.com
Ilustrasi Merah | Img:freeimages.com

Bawang goreng bisa jadi salah satu pelengkap makanan terfavorit di Indonesia. Bagaimana tidak? Hampir setiap masakan di Indonesia akan diberikan bawang goreng sebagai sentuhan akhir. Memberikan bawang goreng harus diakui semakin menambah nikmat rasa dan aroma makanan. Meski sudah banyak yang menjual bawang goreng siap saja, tidak ada salahnya kita tahu bagaimana cara menggoreng bawang goreng renyah, bukan? Yuk, kita bahas agar bisa segera kita praktekkan.

Menggoreng bawang goreng renyah memang gampang-gampang susah. Ikuti beberapa langkah berikut ini.

Pertama, Saat membeli bawang merah sebagai bahan baku bawang goreng pastikan kita membeli bawang merah yang tepat.

Jangan ragu untuk bertanya pada penjual jika kita membeli bawang di pasar tradisional. Namun secara umum, pilihlah bawang merah yang berukuran besar-besar dan masih terasa keras. Ukuran bawang yang besar kita perlukan agar saat mengirisnya kita mendapatkan potongan yang pas dan daging bawang yang terasa masih keras menandakan kondisi bawang masih bagus.

Kedua, Iris bawang goreng tipis-tipis dengan menggunakan pisau yang tepat.

Saat bawang merah cukup besar, maka kita mudah untuk mengirisnya tipis-tipis dan percaya atau tidak, pisau yang tepat akan menghasilkan irisan yang pas. Pakailah pisau yang kecil dan berujung lancip. Ukuran tipis ini kita perlukan agar bawang terasa renyah saat dimakan.

Oya, jangan lupa baca untuk membaca 3 Kiat Mengupas Bawang Merah Tanpa Perih sebelum kita mulai mengiris bawang goreng.

Ketiga, Panaskan minyak dengan api besar, namun saat memasukkan bawang, kecilkan api.

Ada kiat pertama saat menggoreng agar bawang tidak cepat gosong, yaitu masukkan 1/2 sendok teh ke dalam wajan. akan mengurangi minyak yang berlebih.

Kiat kedua, rendam lebih dulu irisan bawang di dalam air garam selama 15 menit. Bawang goreng akan terasa lebih renyah dengan kita merendamnya terlebih dulu.

Keempat, Masak bawang goreng dengan terus membolak-baliknya, saat sudah berwarna colkat muda angkat bawang dan tiriskan. Jangan lupa untuk mematikan api lebih dulu sebelum kita mengangkat bawang untuk memastikan bawang tidak gosong.

Holaa bawang goreng renyah siap dinikmati 🙂

Artikel dalam Serial ini: 3 Kiat Mengolah Jagung ManisMenghilangkan Bau Bawang di Tangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *