Bahaya Berponsel Selagi Mengemudi

Telepon seluler, biasa disebut ponsel atau secara umum dikenal sebagai hand phone. Hampir semua orang memiliki benda yang satu ini, karena memudahkan kita untuk berkomunikasi satu sama lain di manapun dan kapanpun.

Teknologi sejatinya dibuat untuk memudahkan umat manusia dalam melakukan aktifitasnya, tapi teknologi juga bisa membuat celaka ketika digunakan tidak pada tempatnya.

Akhir-akhir ini, bukan pemandangan aneh lagi ketika banyak orang mengemudi sambil asyik berponsel ria, bahkan yang tak kalah hebat adalah mereka yang bisa mengetik sms dan bertelepon sambil mengendarai sepeda motor. Roda kemudi mobil dan stang sepeda motor dipegang oleh satu tangan bak pemain akrobat.

Sadarkah anda bahwa mengemudi adalah sebuah pekerjaan atau aktifitas serius yang membutuhkan konsentrasi? Sedikit kesalahan bisa membuat anda menyesal seumur hidup.

Berponsel dan mengetik sms sambil mengemudi akan memecah fokus anda, sehingga kendali anda pada kendaraan sebenarnya sudah tidak penuh lagi. Situasi di sekitar kendaraan pun sudah tak lagi terpantau sepenuhnya karena anda harus membagi konsentrasi dengan lawan bicara. Apalagi jika pembicaraan anda saat itu adalah topik yang cukup berat atau bahkan sebuah kabar buruk yang mengejutkan. Harus diakui, terkadang ada telepon masuk atau pesan tertulis yang harus anda respon karena sangat penting. Apabila hal ini terjadi, sebaiknya pinggirkan dahulu kendaraan anda ke tempat yang aman, baru berponsel.

Perangkat lain yang bisa membantu anda berponsel sambil mengemudi adalah handsfree, ada yang memakai kabel dan ada yang terkoneksi dengan bluetooth. Perangkat ini memungkinkan anda berbicara melalui ponsel tanpa perlu memegang pesawat telponnya. Tapi ingat, walau anda sudah menggunakan handsfree, fokus dan konsentrasi anda akan tetap tersita sebagian untuk lawan bicara, jadi gunakan alat ini dengan seperlunya dan bijaksana.

Maka mulai saat ini jadilah pengemudi yang bertanggung jawab dengan tidak berponsel sambil mengemudi karena kehilangan konsentrasi saat mengemudi dapat mencelakakan diri sendiri dan orang lain.

Tips ini sudah dibaca 4536 kali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.