7 Sumber Polusi Udara di Rumah (Bag Kedua)

Ilustrasi Printer | Img:freeimages.com
Ilustrasi Printer | Img:freeimages.com

Bunda, mari kita pelajari lebih jauh beberapa jenis benda yang bisa menjadi sumber polusi udara di rumah kita. Tulisan ini adalah bagian kedua dari dua tulisan. Jangan lupa untuk lebih dulu membaca tulisan bagian pertama, karena memuat juga informasi tentang pengertian polutan.

Dalam tulisan bagian pertama, telah disebutkan benda pertama dan kedua yang menjadi sumber polusi udara, yaitu karpet baru serta barang elektronik dan produk plastik. Benda lainnya adalah sebagai berikut.

3. Printer

Printer mengeluarkan banyak mikropartikel yang berasal dari tinta dan toner. Partikel ini bisa menimbulkan gangguan paru-paru. Sebuah penelitian di Australia menyatakan sejumlah printer masuk kategori high emitters, yang tingkat polusinya setara dengan asap kendaraan di jalan saat macet parah.

4. Menyalakan Mesin Mobil dalam Garasi Tertutup

Memanaskan mesin mobil di dalam garasi tertutup bisa menjadi kegiatan berbahaya. Sebab, jika proses pembakaran di mesin tidak sempurna, maka proses pembakaran itu menghasilkan gas CO (karbon monoksida) yang keluar memenuhi ruangan.

Hal ini membahayakan orang yang ada di garasi tersebut. Selain itu, tidur dengan menghidupkan AC di mobil dalam keadaan tertutup juga berbahaya. Bocoran gas CO dari knalpot akan masuk ke dalam mobil, sehingga dapat menyebabkan kematian.

5. Lem dan Zat Perekat Lain

Lem, selotip atau bahan perekat lainnya mungkin mengandung volatile organic compounds (VOC) seperti aseton atau methyl ethyl ketone. Zat-zat tersebut bisa membuat iritasi pada mata dan memengaruhi sistem nerves. Semen di karet, mengandung n-hexane, semacam toksin yang menyerang sistem saraf. Sementara bahan perekat umumnya mengandung toxic formaldehyde yang juga berbahaya bagi tubuh.

Sebaiknya pilihlah lem yang berbahan dasar air dan bebas formaldehyde. Saat mengoleskan lem, pastikan ventilasi rumah terbuka dengan baik dan jangan terlalu dekat dalam waktu lama pada objek yang telah direkatkan dengan lem tersebut.

6. Oven, Kompor, Mesin Penghangat, Microwave

Perangkat rumah yang memancarkan panas, terutama kompor gas berpotensi menghasilkan gas karbon monoksida yang bisa menyebabkan sakit kepala, pusing, lelah bahkan kematian jika ventilasi rumah sangat buruk. Perangkat pemanas juga bisa menghasilkan nitrogen dioksida yang menyebabkan gangguan pernapasan dan masalah di mata, hidung dan infeksi tenggorokan.

Baca Juga 7 Sumber Polusi Udara di Rumah (Bag Pertama)

7. Cat Tembok

Cat tembok bisa mengeluarkan zat VOC ketika mengering, yang bisa menyebabkan sakit kepala, mual atau pusing. Sementara pembersih bahan adhesive dan cat semprot mengandung methylene chloride yang bisa menyebabkan kanker pada binatang.

Untuk mengurangi efek cat ini, cat dengan kandungan rendah VOC bisa menjadi alternatif. Jangan lupa saat mengecat tembok atau peralatan rumah, kenakan masker dan buka jendela dan pintu lebar-lebar atau ciptakan ventilasi udara dengan kipas angin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *