6 Cara Merawat Kulkas

Ilustrasi Es | Img:freeimages.com
Ilustrasi Es | Img:freeimages.com

Memiliki idaman rasanya hampir menjadi dambaan setiap ibu rumah tangga. Terlebih lagi, jika tingkat ketergantungan keluarga kita tinggi untuk barang ini. Namun jangan lupakan Bunda, kulkas memerlukan agar tetap awet dan bagus kondisi fisiknya. Sebab, terkadang ada hal kecil yang kita lewatkan dan ternyata itu bisa mempengaruhi kondisi kulkas kita. Yuk kita bahas lebih jauh dalam 6 Cara Merawat Kulkas.

Kulkas kita memerlukan perawatan harian, perawatan mingguan, dan perawatan enam bulanan secara rutin. Detail hal ini telah kami bahas secara lengkap dalam artikel sebelumnya di 3 Cara Merawat Kulkas Awet. Jangan lupa Bunda untuk membaca artikel tersebut untuk detail perawatan rutin kulkas.

Namun, masih ada hal penting lainnya yang bisa kita tambahan sebagai perawatan kulkas kita, yaitu sebagai berikut.

Pertama, Bersihkan bagian belakang kulkas atau bagian yang disebut kompresor dari debu. Ingat, sebelum membersihkannya, kita harus mencabut kabel dan stop kontak dulu.

Jika bagian kompresor sudah terlalu kotor dan kita tidak bisa membersihkan sendiri, minta bantuan tukang service kulkas sebagai bentuk perawatan kulkas.

Kedua, Jangan mencungkil bunga es dengan benda tajam. Hal itu bisa merusak kulkas saat bagian dasar freezer bolong dan akibatnya kulkas bisa kehilangan kemampuan pendinginannya. Cukup matikan listrik atau turunkan suhu kulkas sampai 0 C agar bunga es mencair.

Ketiga, Jangan lupa mengatur ulang suhu kulkas kita setelah kulkas dibersihkan.

Suhu kulkas yang benar adalah medium untuk freezer dan maximum untuk refrigerator. Hal ini perlu dilakukan, sebab jika freezer maksimum suhunya, maka refrigerator secara otomatis berkurang suhunya.

Keempat, Jangan menaruh makanan yang masih panas ke dalam kulkas. Sebab, suhu panas makanan yang masuk akan meningkatkan level pendinginan kulkas (sebagai cara kulkas menyeimbangkan suhunya) dan hal itu akan membuat aliran listrik mengalir lebih banyak.

Kelima, Jangan meletakkan kulkas di tempat yang dekat dengan sumber panas seperti kompor. Hal ini agar kulkas bisa maksimal dalam fungsi pendinginannya dan tahan lama.

Baca juga 3 Cara Merawat Kulkas Awet

Keenam, Jika kulkas di letakkan di dalam kitchen set, berikan ruang untuk aliran udara sebesar 5 cm agar sirkulasi udara dalam kulkas bisa tetap maksimal.

Bagaimana, cukup penting bukan? Selamat mencoba Bunda 🙂

Tips ini sudah dibaca 663 kali

Artikel dalam Serial ini: Merawat Peralatan PerakKiat Kulkas Hemat Listrik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.