5 Persiapan Sebelum Memanggil Tukang (Bag Kedua)

Ilustrasi Rumah | Img:freeimages.com
Ilustrasi Rumah | Img:freeimages.com

Membangun atau merenovasi rumah adalah pekerjaan besar dan membutuhkan ketelitian sebelum kita melakukannya. Tentu pekerjaan ini kita lakukan dengan bantuan tukang atau kontraktor tentunya. Khususnya, saat memilih tukang inilah, kita perlu hati-hati dan teliti.

Dibawah ini ada beberapa persiapan yang sebaiknya kita lakukan sebelum memilih jasa tukang dan apa saja yang harus disiapkan. Tulisan ini adalah bagian kedua dari 2 tulisan dari 5 Persiapan Sebelum Memanggil Tukang

Keempat, Tanyakan Tarif Tukang

Setelah semua sepakat, Anda perlu tanya apa tukang tersebut minta biaya harian atau borongan? Apa untuk biaya transportasi harus dibayarkan? Apa saat pekerjaan berlangsung, Anda menyediakan peralatan sendiri atau tukang bisa membeli dulu?

Sedetail mungkin pertanyaan bisa mengantisipasi adanya biaya tambahan tak terduga, agar Anda bisa mempersiapkan. Upah jasa antar tukang bangunan tidak sama. Satu sama lain kadang memiliki standar berbeda. Ada yang minta sekian perhari dan ada yang minta dibawahnya.

Sebagai catatan, pertimbangkan memilih tukang yang upahnya terjangkau agar biaya tidak membengkak kemudian hari. Ksesuaian upah tukang dengan kemampuan kerja juga perlu dipertimbangkan. Apa dia terlalu mahal atau terlalu murah? Semua agar proses pembangunan dapat terlaksana dengan baik. Namun, pilihlah tukang bangunan yang upahnya sesuai yang artinya minimal dia memiliki kemampuan cukup.

Kelima, Pilih Tukang Berpengalaman

Tukang bangunan yang berpengalaman akan mempercepat waktu pengerjaan. Sebab, dia tidak lagi memikirkan teknik pengerjaan, sebab sudah tahu tekniknya. Berbeda dengan tukang yang walaupun mampu, tetapi belum ada pengalaman sebelumnya.

Baca Juga 5 Persiapan Sebelum Memanggil Tukang (Bag Pertama)

Penting diingat, bermacam pelaksanaan pembangunan rumah yang dikerjakan sebelumnya oleh tukang bangunan akan menyebabkan dia semakin terasahnya kemampuannya. Pengalaman dalam membangun akan memberikan hasil terbaik, yang diperlihatkan dengan bangunan yang rapi dan tahan lama. Karenanya, kita lebih baik memilih tukang bangunan yang telah berpengalaman.

Bagaimana, lebih baik sedikit repot untuk mempersiapkan hal ini agar mendapat hasil yang terbaik, bukan? Selamat Memilih 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *