5 Manfaat Garam untuk Tubuh

Ilustrasi Garam | Img:freeimages.com
Ilustrasi | Img:freeimages.com

Bunda, garam adalah teman semua ibu rumah tangga bukan? Sebab, makanan apapun tidak akan sedap, tanpa kita menambahkan garam dalam setiap masakan kita. Bahkan, tidak sedikit diantara kita penyuka masakan asin, yang artinya garam yang digunakan sedikit berlebih dari takarannya. Namun, kita kadang belum sepenuhnya memahami bagi tubuh kita. Sementara pengetahuan ini penting untuk kita semua, terlebih untuk ibu rumah tangga karena sehari-harinya selalu menyediakan makanan yang bergizi bagi anggota keluarganya. Yuk, kita bahas lebih jauh dalam5 Manfaat Garam untuk Tubuh.

Manfaat apa saja yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi garam sehari-hari dalam berbagai makanan kita? Simak beberapa manfaatnya dibawah ini.

Manfaat pertama, Garam membantu pemeliharaan kelenjar tiroid.

Kelenjar tiroid memiliki peran penting dalam mengatur metabolisme tubuh. Kelenjar tiroid adalah salah satu dari kelenjar endokrin terbesar pada tubuh manusia. Kelenjar ini dapat ditemui di bagian depan leher, sedikit di bawah laring. Kelenjar ini berfungsi untuk mengatur kecepatan tubuh membakar energi, membuat protein, dan mengatur sensitivitas tubuh terhadap hormon lainnya.

Itu sebabnya jika kita kekurangan yodium yang terdapat dalam garam, maka kelenjar tiroid bisa membengkak atau lebih dikenal sebagai penyakit gondokan.

Manfaat kedua, Penghilang racun dari tubuh.

Garam dengan kandungan yodium membantu menghilangkan racun-racun kimia di dalam tubuh, seperti racun dari air raksa, fluoried, serta racun biologis lainnya.

Manfaat ketiga, Membantu proses pertumbuhan rambut.

Proses pertumbuhan rambut kita bisa lebih cepat jika cukup yodium dan sebaliknya, kekurangan yodium bisa menyebabkan rambut mudah sekali rontok.

Manfaat keempat, Meredakan sakit gigi dan menghilangkan bau mulut.

Saat sakit gigi datang, pertolongan pertama bisa kita lakukan dengan berkumur menggunakan air hangat yang dicampur garam. Rasa sakit gigi yang berdenyut bisa mereda dan sekaligus menghilangkan bau mulut.

Manfaat kelima, Menghilangkan pegal di kaki

Saat kaki terasa pegal karena berjalan terlalu lama atau menyetir lama, cukup rendam kaki dalam air hangat yang dicampur dengan garam. Niscaya rasa pegal di kaki akan hilang, sekaligus jika ada kotoran dalam sela-sela kuku kita akan luruh dengan sendirinya. Rasa pegal dikaki hilang dan kaki pun menjadi lebih bersih.

Baca juga Salt Therapy untuk Wajah Berseri

Itulah 5 manfaat garam yang sangat berguna untuk kita ketahui. Dalam pembahasan lain, kita akan membahas bahaya saat kita terlalu banyak mengkonsumsi garam.

Selamat mencoba Bunda 🙂

Tips ini sudah dibaca 714 kali

Artikel dalam Serial ini: Mencuci Kering Boneka KotorMengkilapkan Furniture Kayu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.