3 Kiat Mengupas Bawang Merah Tanpa Perih

Ilustrasi Bawang Merah | Img:freeimages.com
Ilustrasi Merah | Img:freeimages.com

Bawang merah sudah jadi teman kita sehari-hari saat memasak bukan, Bunda? Sebab, banyak makanan membutuhkan bawang merah dan sebaliknya, kelezatan sebuah masakan bisa berkurang jika tidak ada bawang merah. Namun, sering ada kendala saat kita mengupas bawang merah, terlebih saat harus mengupas bawang merah dalam ukuran banyak, yaitu mata yang keluar karena rasa perih saat mengupas. Nah, jangan khawatir, ternyata ada kiat mudah agar kita bisa mengupas bawang merah tanpa perih di mata. Bagaimana caranya? 🙂

Sebelum kita membahas tentang bagaimana mengupas bawang merah tanpa rasa perih, saya ingin sedikit membahas mengapa mata kita sering mengeluarkan air mata saat mengupas bawang.

Bawang merah mengandung senyawa utama yaitu flavonoid dan fenol (sumber : wikipedia.org) yang merupakan senyawa aktif dan juga mengandung senyawa yang termasuk golongan minyak atsiri dengan kandungan cukup besar. Minyak atsiri ini dilepaskan bawang merah saat bagian dalam umbi lapis tersebut terkelupas dan terpapar udara bebas.

Dalam waktu cepat, minyak atsiri menguap ke udara dikarenakan titik penguapannya yang sangat rendah dan inilah yang mengakibatkan mata perih saat mengupas bawang merah. Senyawa jenis ini juga ada dalam kulit jeruk dan daun beberapa tumbuhan. Efek yang ditimbulkan sama seperti bawang merah, yaitu mengiritasi selaput lendir terutama bagian mata dan rongga hidung.

Kembali ke topik, ternyata ada 3 kiat mudah untuk kita bisa mengupas bawang merah tanpa rasa perih di mata, yaitu sebagai berikut.

Cara Pertama, Rendam bawang merah dalam air selama 15 menit. Maka hasilnya bawang merah akan menjadi lunak untuk dikelupas, bahkan jika kita mengupasnya hanya dengan menggunakan tangan.

Saran saya, jika kulit bawang merah terlalu kotor atau terasa lebih keras, gunakan air hangat untuk membuatnya lebih bersih dan lebih lunak sehingga mudah diangkat.

Cara Kedua, Untuk menghindari “uap minyak atsiri” dari bawang yang buat mata perih, kita bisa mengupasnya di air kran yang mengalir atau saat terburu-buru cukup dengan merendam bawang merah dalam air di mangkuk.

Baca juga Menghilangkan Bau Bawang di Tangan

Cara Ketiga, Kita bisa juga mendinginkan bawang merah selama 15 menit dalam freezer. Cara ini bisa sangat mengurangi tingkat iritasi mata kita selama memotong bawang nantinya. Namun, kelemahannya adalah saat memotong jadi lebih sulit karena bawang yang membeku dan lapisan terluar kulit bawang pun lebih sulit diambil.

Hola, bagaimana mudah bukan? Selamat mencoba Bunda 🙂

Tips ini sudah dibaca 416 kali

Artikel dalam Serial ini: Meminimalisir Rasa Pahit PareMenghilangkan Bau Bawang Putih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.