3 Kiat Membeli Mesin Cuci (1)

Ilustrasi Mesin Cuci | Img:freeimages.com
Ilustrasi | Img:freeimages.com

Bunda, mesin cuci pasti telah menjadi barang yang sangat kita butuhkan bukan? Terlebih lagi untuk rumah tangga yang tidak memakai jasa asisten rumah tangga, keberadaan mesin cuci akan sangat memudahkan kita dalam baju, baik dari segi waktu maupun segi tenaga. Saat ini, seiring dengan perkembangan teknologi, ada beragam macam desain dan fitur mesin cuci modern yang ditawarkan kepada para konsumen. Yuk kita bahas lebih jauh dalam 3 Kiat Membeli Mesin Cuci agar kita tidak salah dalam memilih mesin cuci yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kita.

Pengetahuan apa saja yang dibutuhkan sebelum kita membeli mesin cuci? Secara garis besar, setidaknya ada 3 hal yang harus kita perhatikan, yaitu sebagai berikut.

Pertama, Menentukan jenis mesin cuci yang dibutuhkan keluarga kita. Hal ini penting karena nantinya akan berkaitan dengan masalah yang akan kita keluarkan.

Ada tiga jenis mesin cuci yang beredar di pasaran saat ini, yaitu

1. Tipe bukaan pintu depan (front loading)
2. Tipe bukaan pintu atas (top loading)
3. Tipe mesin cuci dua tabung (twin tube)

Mesin cuci dua tabung pada dasarnya kinerjanya memisahkan antara mencuci dan mengeringkan. Dari segi harga, mesin cuci ini lebih terjangkau untuk banyak kalangan.

Mesin cuci tipe bukaan pintu depan dan pintu atas pada dasarnya adalah jenis mesin cuci yang sama. Kinerjanya adalah menggabungkan dua pekerjaan sekaligus; mencuci dan mengeringkan dalam satu tabung. Dari segi harga, dia lebih mahal dibandingkan dengan mesin cuci dua tabung.

Seiring dengan perkembangan teknologi, beragam fitur yang ditawarkan juga mempengaruhi harga mesin cuci jenis ini. Beragam fitur yang ditawarkan memang tujuannya untuk memudahkan pekerjaan kita dalam mencuci baju, namun jalan tengah terbaik dalam hal ini adalah kita sebaiknya hanya memilih fitur yang kita butuhkan, terlebih lagi semakin banyak fitur besar kemungkinan semakin rumit dalam pemakaian. Jika mesin cuci kita akan dipegang oleh asisten rumah tangga, maka pastikan dia telah memahami cara kerja mesin cuci canggih ini agar tidak ada kerusakan nantinya.

Kelebihannya mesin cuci jenis ini lebih awet dan lebit hemat energi. Kelebihan lainnya adalah lebih aman untuk pakaian, karena dia menggunakan stainless steel. Secara lebih detail, kami membahas lebih jauh tentang penggunaan mesin cuci jenis ini dalam artikel sebelumnya di Tips Memilih Mesin Cuci.

Baca juga Tips Memilih Mesin Cuci

Kiat apa saja lainnya yang harus kita perhatikan dalam membeli mesin cuci? Nah, jangan lupa untuk membaca artikel bagian kedua ya Bunda. Selamat memilih mesin cuci yang tepat Bunda 🙂

Tips ini sudah dibaca 461 kali

Artikel dalam Serial ini: Kiat Kulkas Hemat ListrikKiat Merawat Mesin Cuci

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.